Sabtu, 21 Maret 2015

Leuwi Hejo

WARNING BWK!!!

Dadakan sih sebenernya, tapi emang yang namanya dadakan itu biasanya jadi, gak pake banyak cingcong hehe.

Langsung hari H ajadah.

Kali ini gw ngebolang gak sendirian, di temenin kawan lama SMP, yaitu Bayu & Bowo. Waktu itu gw jalan hari kamis tanggal 19 Februari 2015, dari awal rencana kita bakal jalan paling kesiangan jam 8 pagi, tapi berhubung hujan aja dari subuh yaudah akhirnya nunggu sampe hujan bener2 berenti. Sebenernya hati udah was-was karena ya namnya curug kalo musim hujan bakalan butek, tapi yaa tetep aja kita lanjutt..

Oiya, sebelumnya juga karena emang yang punya ide buat pergi ke Leuwi Hejo ini adalah gw dan yang laen pada buta arah, maka dari itu malemnya gw cek peta lewat Google Maps buat masttin letak Leuwi Hejo itu ada dimana. Disini gw sangat2 berterimakasih ama GoogleMap dan Google Street buat petunjuk arahnya dan foto2 arah jalannya manteb bgt dah. Oiya kayaknya gw bakalan bikin topik tersendiri nih nantinya tentang Google Street ini...

Skiiip... Skiip...

Hujan bener-bener berhenti waktu itu jam 9 pagi, yaudah langsung kontek2an buat ngumpul di rumah gw. Jadi kita kesono dengan mengedarai motor yang berjumlah 2, di motor pertama gw sendirian dengan mengendarai si adventurer sejati Vario 125 oren haha, yang satunya lagi Bowo sama Bayu boncengan meraka pake motornya si Bowo yang bener bener masih greesss yaitu Honda Beat Fi yang odometernya masih 450km haha.

Nih rute menuju Leuwi Hejo

Tepat 09.30 kita jalan dari rumah gw dengan cuaca yang sejuk panas enggak hujan gerimis pun enggak. Sepanjang jalan gw gak hentinya ngeliat ke langit pantau awan dan berdoa biar gak hujan hehe. Karena emang konvoy yaa jadi gw bersabar ajadeh bawa motornya apalagi motor yang satu di kendarain bayu yang tipikal berkendaranya kalem. Di pagi itu jalan raya bogor sangat sepiii karena memang lagi libur imlek, jadi ya bayangin aja dengan bawa motor konstan 60km/jam yang jalannya lurus kagak ada tantangannya bikin ngantuk berat dah Zzz. Tapi terkadang sih kalo emang gw udh ngantuknya udh berat banget, gw lanjut aja ngacir meninggalkan mereka di belakang ntar gw tunggu di depan.

Setelah kira2 satu jam kita riding dari Depok sampailah kita di perempatan Jungle Land, dari situ treknya mulai menantang yaitu lewat perkampungan warga, meliak-liuk turun-naik buki, tak jarang juga menemukan jalan yang hancur lebur. Sebenrnya gw pengen banget mengabadikan foto jalan menuju kesana, tapi ya karena ini konvoy dan emang temen2 gw itu gak interested sama keadaan perjalanan akhirnya gak jadi foto2 gw :(. Padahal trek menuju kesana itu memang ada beberapa spot yang menarik seperti pemandangan bukit dari atas bukit (?), perkampungan warga,  bukit kapur yang habis kena longsong, bahkan jembatan kayu yang horo, mungkin nanti gw bisa pasang foto dari beberpa blog orang kali ye haha. Dan disini gw merasa sedih ahaha, karena kalo gw sendirian yg ngebolang gw bisa sesuka hati berenti dimanapun kapanpun, fleksibel dah kalo sendirian mah.

Memasuki pertigaan aletrnatif sentul kita lanjut belok kiri, lurus terus sampe pertigaan sirkuit sentul lalu belok kanan lalu lurus aja terus gak lama bakalan ada pertigaan berbentuk Y, kita belok ke kiri, kalau ke kanan ke wisata pemandian air pamanas Gunung Pancar. Terus aja meliuk-liuk naik turun bukit, dan agak lama akhirnya kita ketemu ama jembatan yang terbuat dari kayu, jembatan ini berada di lembah yang cukup curam. Waktu gw turun ke lembah buat menuju ke jembatan kayu ada mobil sedan toyota altis yang lagi engap2an arah pulang (nanjak) sampe selip bann depannya ya di iriingin bau kopling kebakar. Saran gw sih kalo kemari gak cocok dah bawa mobil yang jenis sedan ataupun yang make gardan depan dengan muatan penuh semacam yaris, jazz, ertiga, cr-v, vios, dan semacamnya lah.
Jembatan Kayu - Credit Lunas
Selepas nyebrangin jembatan ini kita kudu nanjak lagi, dan parahnya di tanjakkan ini jalannya berlubang becek dan licin karena berlumpur, alhasil karena gw sendirian jadi ban belakang gak rigrid jadilah gw selip, beda cerita kalo Bayu&Bowo, malah dy gak kuat nanjak rigridnya dapet tapi power motornya gak kuat nanjak sambil boncengan ahaha, akhirnya si Bowo jalan kaki nanjak wakawaka.

Oiya menurut refrensi yang gw baca2 dari blog2 lain jembatan ini yang menjadi titik patokan bahwa Leuwi Hejo sudah dekat. Benar saja gak lama ya kira2 20menitan dari sini kita sampai di pintu masuk Leuwi Hejo. Karena lokasi menuju tempat parkirannyya berlumpur dan tanjakkannya cukup tinggi jadi untuk mobil biasa bisa parkir di pinggir jalan yang banyak warung2 dan masjid, kalo mobil model jeep 4WD bisa parkir diatas, kalau motor bisa parkir diatas karena ditanjakkannya sudah di susun batu2 biar nggak licin, sayang gak bisa foto juga di sini :(

Setelah parkir kita dapet kartu parkir, yang tulisannya goceng. Dari tempat parkir ini kita harus berjalan kira2 20 menitan untuk sampai ke tempat pembelian karcis masuk leuwi hejo ini. Sepanjang perjalanan menuju tempat karcis kita disuguhkan pemandangan bukit, tanjakkan dan turunan terjal, ada pula comberan yang jernih.

Kita bertiga beli karcis untuk tiga orang total 30 rebu rupiah, tapi dapetnya cuman satu karcis fisik haha gapapalah gak guna juga gak ada asuransinya juga paling pungli sih inimah. Nah dari beli karcis ini kita sudah mulai dekat dengan aliran sungai curugnya, iya aliran curugnya bukan curugnya yaaaw. Oiya track untuk menuju aliran sungainya ini beeeuuuhhh ekstrim lah pokonya lumpurnya dalem plus licin trus turunan pula, kalo gak pake sendal gunung mending nyeker dah kalo gak mao nyungsep.

Setelah kita bertemu dengan aliran sungainya perjuangan sesungguhnya baru akan dimulai. Karena emang beloman pada basah jadi pertama harus nyeberang sungai dulu dengan jembatan bambu kek gini nih......
Credit: joesril.blogspot.com

Awal melintas sih gw gaya-gayaan, tapi pas di tengah gemetaran brooo ngeri nyebur, buat ngelewatin jembatann ini kita kudu gantian dari arah lawann, jadi yaa tunggu tungguan deh. Sebenernya sih bisa kalo mao nyebrang gak pake jembatan ini, tapi ya kudu ngakat tas se dada soalnya aernya tingginya sepinggang gw, ini cara gw nyebrang sungai waktu mau balik.

Untuk mencapai curugnya kita harus nyusurin sungai ini lewatin batu batu segede gaban, sampe-sampe harus nyebrangin antar batu pake kayu gini brooo..
Bowbow
  Saran gw sih kalo mao kemari ganti aja dulu pake celana pendek, jangan ampe salah kostum pake celana jins, karena yaa emang bakalan nyebur juga plus kotor sama tanah, soalnya klo gw pribadi sih gw juga jalan kebanyakan ngerangkaknya, yaa abis mo begimana lagi kalo gak ngerangkak berat broo badan gw haha.

Setelah setengah jam an menyusuri batu-batu sungai, sampelah kita diatas di curug bengkok leuwi hejo, ini view dari atas ke bawah....

Kalo balik badan pemandangannya gini nih...

Sayang lagi musim hujan jadi kolem yang di bawah curugnya dalemnya 6 meter jadi kagak bisa berenang disini, disini cuman poto poto doang bntaran

Karena tempat yang ini kolemnya dalem, yasudahlah nyebur-nyeburannya yang di bawah aja yang dalemnya se dada gw doang

Jam 3an kita udahan buat bilas, ternyata eh ternyta tempat bilasnya rame banget yaudah kita putusin lanjut jalan naek motor basah2an, dan pengen cari masjid/mushollah di pinggir jalan aja buat mandi. Selama perjalanan gak ada masjid/ mushollah yang cozy buat mandi haha, yaudah sekelebat terpikirkan ama gw kita mandi di Az-Zikra aja kamar mandinya banyak, karena emang beloman pada tau yaudah gw di depan lagi deh nek motonya.

Entah kenapa yang namanya jalan pulang itu selalu berasa lebih cepat dari jalan perginya, jam 4 seperempat nyampe di masjid Az-Zikra sentul, lanjut mandi sekalian solat jamak ashar dan dzuhur. Abis ntu kita langsung pulang lewat Citereup-Gunung Putri-Cikeas-Cibubur.

Eh iya waktu di pasar ceteruep kita nemu tempat makan nasi kuning yang mantabnya puoll, dan nasi kuning ini yang paling enak dari nasi kuning lainnya yang pernah gw makan, harganya juga murah lagii. Waktu itu gw makan nasi kuning dengan lauk mentimun, tempe kecap, sambel kacang+sambel goreng, telor dadar di banderol dengan harga cuman 7rebuu rupiah, saking enak trus murah sampe-sampe gw bungkus satu buat makan di rumah ahhaha, nih penampakan naskun nye...
Rada berantakkan
Kesimpulan untuk perjalanan kali ini, jadi Leuwi Hejo merupakan tempat rekreasi curug yang paling pas untuk gw, karena emang Leuwi Hejo ini jaraknya gak terlalu jauh dari Depok, trus juga biayanya terjangkau banget. Untuk kebersihan tempatnya juga cukup terjaga sih menurut gw, smoga pengunjung2 lainnya yang akan datang kesini mempunyai kesadaran diri untuk gak buang sampah sembarangan di tempat seperti itu. Yang jadi nilai kurangnya sih untuk airnya debitnya waktu itu sangat deras karena emang habis hujan, jadi pemandangannya kurang ciamik seperti di blog-blog lain yang pernah ngeriview tempat ini, tapi untungnya sih walopun debitnya tinggi airnya tidak butek keruh cokelat tetep bening.

Sampai jumpa di bolangan berikutnya!!!!!!!!!!!!!!!!