Senin, 11 Maret 2013

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis berada di ujung utara Kerawang kira2 110KM dari arah kampus yang ada di rawamangun, perjalanan ini gw lakuin waktu pulang hari pertama kuliah tanggal 11 februari 2013 lalu, karena gw udah lama banget pengen ke pantai dan nyium wangi pantai.

Perjalanan gw dimulai jam 12.00 dari kampus, lalu jam 13.00 gw sempet mampir sebentar di masjid yang ada di Pondok Bambu untuk Solat Dzuhur, abis sholat lanjut jalan
Berikut Rute  Perjalanan gw...



Dari Pondok bambu gw lagsung jalan ke arah bekasi lewat jl raya kali malang, entah dimana namanya (cikarang/cengkareng kali) gw menemui kemacetan yang amat2 sangat menjengkelkan dikarenakan bis-bis angkutan karyawan pada keluar dari pabrik. Tak hanya itu aja banjir juga mempertambah kemacetan yang ada, gw sempet bingung hujan kecil tapi membuat banjir segitunya..
  


Abis nglewatin banjir itu, jalanan lengang banget dah cuma 1 ato dua motor/mobil yang lewat. Karena lengang motor gw pacu ampe 100KM/Jam lebih lah, tapi gw ttep waspada karena jalanan'a ntar baguss bgt, ntar sampe separuh jalan lobang gede banget. dan gak lama ada pertigaan ke arah rengaskdenglok belok kiri. Dari pertigaan jalur utama cikampek itu buat nyampe rengasdengklok masih jauh banget kira2 20KM-an. Jalan menuju kota Rengasdengklok ini lumyanlah gak bagus2 amad-gak jelek2 amad. Disepanjang jalan gw disuguhi pemandangan persawahan yang sangat luas (yaiyalah karawang gituloh).

 
Gw nyampe Rengasdengklok kira2 jam 3 sore lah. Sebenernya gw niat sesungguhnya buka mao ke pantai tanjung pakis ini, tapi mao ke Pantai samudera baru yang gw liat di google cuman berjarak 15-20KM dari rengasdengklok, tapiiii pada kenyataanya papan penunjuk jalan yang drtd gw lewatin gak ada yang mengarahkan untuk ke Pantai Samudera Baru, adanya Pantai Tanjung Pakis doang. Dalem hati gw berkata haaaaduuhhh lanjut gak nih, tapi gw pikir gini, gw dah jauh2 kemari kalo gak nyampe tujuan sayang banget, yasudahlah gw membuat keputusan untuk ke Pantai Tanjung Pakis aja yg udah Pasti ada penunjuk arahnya, ya walopun pada penunjuk arah tersebut untuk mencapai pantai tersebut masih 43KM lagi (Alamak itumah jarak gw pulang pergi ke kampus).

 pada awalnya sihh jalanannya full beton yang gw liat di odometer sampe 30KM nah disini gw efektifkan waktu gw dengan memacu motor gw ini sampe adrenalin tertinggi gw, dikiri jalan rerumputan yang berjejalan kambing dan sebelah kanan sungai disepanjang jalan, bayangin aja kalo tiba2 tuh kambing pada nyebrang, byurr aja gw ke seungai itu mah (amit-amit) dan itu aja perjalanan gw anggap bosen soalnya treknya kebanyakan lurus bikin ngantuk, dan 12KM meunuju pantai ini nih titik puncak terjenuh gw dalam perjalanan gw kali ini, kenapa? bayangin aja sepanjang 12 KM gw di hambat jalan kaya begini nihh...


dan 1 KM menuju pantai jalanannya....

Jangan dikira itu gw dah sampe pantai yak, itu baru nyampe tambak2. Bayangin aja klo hujan motor gw gak bakalan bisa ngoffroad itu mah. Sbelum tambak ini ada loket pintu masuk ada penjaganya awalnya di minta 8rebu, ya udh gw tawar jadi 4rebu aja eh di kasih, yo wesslah 4 rebu doang dalam fikir gw yang lelah ini (alah).

Gak lama ngelewatin tambak ini ada perkampungan warga, dan dibalik perkampungan warga ini tersuguhkan oleh pantai yang lumyanlah kata gw daripada pantai sono noh dijakarta yang di kelola TINJA (Taman ImpiaN Jaya Ancol)


Menurut gw sih nih pantai berpotensi bgt di jadikan Pariwisata Nasional, kenapa? Menurut gw nih
1. pantai cukup landai jadi klo anak2 main disini gak bahaya
2. Airnya ya nggak terlalu keruh deh pokonya, masi bisa tmbus nih kaki klo dicelupin ke air
3. Ombaknya juga cirikhas banget pantai utara jawa yang kalem2 gimana gitu hahah
4. Garis pantainya juga cukup panjang, jadi bisa nampung banyak wisatawan lokal (daerah karawang) maupun nonlokal (daerah sekitarana karawang Jakarta, Bandung, Bogor,dll)
5. Disini juga sudah banyak warung2 makan, kamar bilas (wow banyak bner).

Tapi disisi lain juga susah pantai ini jadi Pariwisata Nasional
1. Jalan menuju pantai ini sangat jauh karena harus memutar dulu ke rengasdengklok dan melelahkan dengan jalan akses yang sangat tidak layak. Saya denger2 ada jalan pintas dari bekasi untuk langsung ke pantai ini tapi harus naek Eretan dulu (Perahu dari bambu) tapi ya berisiko tinggi.
2. Pantainya kurang terwat dengan bnyaknya sampah dan tempurug2 kerang putih apalah namanya.

Ya sbenernya kalau saja akses Jalan menuju pantai ini diperhatikan oleh Pemerintah kota Karawang pasti pantai ini juga akan ramai dengan wisatawan tidak hanya dari daerah karawang saja tapi yang lainnya. Dengan begitu pendapatan ekonomi masyarakat sekitar maupun pemerintah karawang pasti sedikit demi sedikit akan terdongkrak naik.

Udah dulu ahhh, klo cerita menuju pulangnya maless ahhh gak ada yang special palingan ya biasalah masalah biker klo jalan malem banyak nginjek jebakan betmen (AKA Lobang) dan penerangan jalan yang minim. O iya Gw nyampe rumah waktu itu jam stengah sembilan malem coyy.





1 komentar:

Adesi mengatakan...

cari pantai lain lagi haaaannnn

Posting Komentar