Minggu, 27 Oktober 2013

Antara Curhatan dan Jalan2 (Survey Pangandaran)

Awal cerita gw dapet kabar mendadak dari jurusuan (Kalo gak dadakan bukan MP nama'a) bahwa gw harus survey ulang lagi ke pangandaran sono hufftt itupun gw dapet kabar hari minggu 2 minggu sebelum magang yang tepatnya  tanggal 18 Agustus 2013. Sumpah dalem hati gw grundel kesel "ini 2 minggu sbelum hari-H brooo, masa harus survey lagi, emang survey pertama yang gw ama pak Matin&Heru gak ada tindak lanjutnya apa?". Jurusan nyuruh survey lagi katanya sihh untuk memastikan apakah surat yang di kasih waktu survey pertama sudah di tindak lanjuti apa belum di kabupaten pangandaran, karena emang waktu survey pertama surat hanya di sampaikan ke sekretaris dinas pendidikan pangandaran karena kepala'a belum dipilih, itupun juga sekretaris'a masih menjabat di Ciamis juga. Untuk itu  sebagai tindak lanjut suruhan jurusan untuk survey lagi gw melakukan beberapa persiapan:

Pertama
Dengan hati yang kesel dan bermacam2 persaan, tepat hari snen'a gw hubungin tuh pake telepon rumah setiap perwakilan masing2 kelompok untuk memastikan setiap kelompok harus ada yang ikut survey, yaa karena emang buat kebaikan dan kelancaran kelompok meraka masing-masing pada hari-H-nya. Ada lah beberapa kelompok yang susaaaaah banget pewakilannya buat ikut, yaaa namanya orang yee ada aja alesannya entah gak bisa gara2 ada keperluan laenlah, gak ada ongkos buat ksono-lah, gak boleh ama ortu lahh, dan berbagai macam alesan laennya. Tapi kebanyakan dari kelompok laen sih pada gampang di ajak'a gak pake ribet. Alhasil dari lobby2 yang sangat alot jadilah kita ksono ber 10 orang dan setiap pewakilan kelompok akhirnya ngikut semua. Eh iya lupa, ada deeng yang katanya kelompok tersolid, mereka survey sendiri sebanyak 1 kelompok dan misah di sono. Yang ikut waktu itu dalam kelompok besar yaitu:
   -Mangun Jaya: Meti
   -Kalipucang: Rani
   -Pangandaran: Gw
   -Sidamulih: Sarah
   -Parigi: Bandot
   -Cigugur: Luky
   -Cijulang: Wiwi, Listi, Sanggif (Pacarnya Wiwi)
   -Cimerak: Bian (Juru bicara B.Sunda handal)
Pada hari itu juga gw nyuruh mereka ngumpul pada hari slasa untuk ngomongin kita ksono hari apa dan naik apa

Kedua
Waktu itu gw buat dua opsi antara berangkat hari kamis sore dan rabu sore. Kalau kita berangkat hari kamis sore, nyampe pangandaran ya berarti hari jumat pagi berarti cuman punya waktu hari jumat, sedangkan hari jumat itu kalau kantor yaa tau sendirilah di Jakarta aja suka2 kagak ada orang, terus juga kalau misalnya gak selesai dalam satu hari kita gak punya waktu lagi soalnya kantor hari sabtu tutup. Kalau kita berangkat hari rabu sore kita sampai pangandaran hari kamis pagi, dan kalau misalnya pada hari kamis itu urusan belum selesai ya berari masih bisa esokannya. Maka waktu itu gw pilih hari rabu sore untuk berangkatnya.

Ketiga
Siapa aja yang ngikut udah, hari apa kita jalan udah, sekarang naik apa ksono'a??? 
Awal2 terpikirkan kita bakal nyewa mobil ksono'a, tapi dengan bebagai petimbangan sepeti orang'a yg ikut terlalu banyak, gak ada yang nyetir pula, dan kita di sono juga gak tau arah, ya akhirnya kita memilih untuk ngeteng dengan menggunakan bis Gapurningrahayu dari Pasar Rebo pada awal rencana.

Setelah berbagai macam persiapan di lakukan, dan membawa surat-surat yang penting dari jurusan dan tak ketinggalan juga proposal magang, seblum kita jalan ksana kita dapet arahan dari bu nur, kalau di sana nanti nginep aja di cijulang di koperasi guru di Tugu, terus juga ksnannya naik bus Budiman aja jangang Gapuraning Rahayu. Langsung gw telpon temen2 yang sedang menuju ke Pasar Rebo (emang gak pada bareng jalannya) untuk berputar haluan ke terminal Bekasi. Oke stelah gw memastikan semuanya sudah pada mengarah ke terminal Bekasi, gw sama temen2 yang start dari kampus memulai perjalanan ke Labschool jam 15.00 untuk naik bis menuju terminal Bekasi.

ADVENTURE IS BEGIN
Karena emang gak ada yang tau bis/angkutan apa yang dari rawamangun ke terminal bekasi jadi kita naek Mayasari P117 dan turun di UKI dan lanjut naek Mayasari P 9 BT menuju bekasi. Nah di pertigaan apa namanya gw gak tau kita naek angkot merah menuju terminal Bekasi. Sesampainya di terminal Bekasi ternyata sudah sampai duluan Wiwi, Listi ama cowoknya, dan gak beberapa lama si Bandot dateng, maka kita sudah kumpul semuanya di terminal kira2 jam 16.00an. Di terminal Bis Budiman Bisini AC arah pangandaran ternyata belum sampai, adanya Bis yang Non AC. Setelah bertanya2 kepada awak bus budiman lainnya katanya bis biasa dateng abis maghriban. Oke kita bakalan nunggu karena emang perjalanan jauh enaknya naek Bis AC biar nyaman hehe. Setelah pada sholat Ashar, pada laper yaa alhasil makannlah kita di KFC deket trminal sambil nunggu bis (padahal pengen ngirit malah makan beginian hehe). Waktu di KFC gw deg2an takutnya kita malah ketinggalan bis. Tepat adzan maghrib kita balik ke terminal dan ternyata jeng... jeng... Bis Budiman Bisnis AC dengan seat 2-2, bermesin MBOH 1525, dengan body Jetbus'a Adiputro yang ciamik diliat sudah terparkir dengan cantiknya di Teminal haha*Lebayysangat*. 

Jam 18.30an setelah solat Maghrib sekalian di Jamak ama Isya kita masuk kedalem bis. Gw milih duduk di bangku paling depan di belakang supir sama Rani, si Bandot ama Bian baris kedua sebelah kiri, Luky ama meti di belakangnya, si Sarah sama Listi di belakang gw, dan Wiwa ama cowoknya longkap satu baris kebelakang dari Sara ama Listi. Tepat jam 20.00 kita berangkat menuju pangandaran.

Selama perjalan 8 stengah jam ke sono, di bis gw nggak satu jam-pun, satu menit pun, satu detik pun tidur, Karena emang gw ornagnya susah tidur kalau lagi diperjalanan. Tepat jam 04.30 kita sampai di pool budiman di Pangandaran, untungnya aja udah ada angkot yang menuju Cijulang yang ngetem di depan pool, maka langsunglah kita naek tuh angkot menuju koperasi tugu buat istirahat walau hanya sebentar. Angkot disini parah bangetlah fisiknya, pintu belakangnya gak bisa di tutup alhasil debu2 yang dihasilkan jalan yang buruk rupa itu pada masuk ke dalem angkot, bahkan gak itu doang asep yang dihasilkan nih mobil juga ikut2an masuk ke dalem mobil ckck tersiksa banget itu kita didalem mobil yang penuh sesak dan ajrut2an.

Sampai di koperasi Tugu kira2 jam 05.30 kita lagsung masukin barang2 yang seadanya kita bawa dari Jakarta ke kamar masing2 yang sebelumnya gw dah pesen sama teh Iin penjaga koperasi itu. Di saat para cowok laeenya langsung pada pules di kasur, gw abis solat subuh langsung mandi dan sedikit merenung sebentar di depan koperas (merenung apakah? Rahasia hhe). Kira2 jam 07.00an perut udh mulai laper tapi yang cari makan cuman Gw, Wiwi, Listi ama Bian. Kita cari makan ke arah terminal cijulang, dan kita ketemu tukang bubur di situ dan ada 1 akang2 dengan membwa anakanya yang sedang makan. Selagi kita enak2 makan sambil ngobrol mungkin dy denger obrolan kita kalau kita lagi bingung mao muter2 naek apa di sono. Dy langsung ikut nimbrung ngobrol yang intinya dy punya mobil bak yang bisa di sewa, tapi di saat itu kita belum meng-iya-kan tawaran akang itu, karena kita masih penasaran mungkin ada motor yang bisa di sewakan, tapi dy memberikan nomer Hape'a kalo emang butuh mobil bak nanti. Setelah makan kita langsung balik ke koperasi tugu, dan ngomongin transportasi kita buat muter2, dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya kita hubungin lagi tuh akang yang tadi buat nyarter mobil baknya. Oke setelah kita hubungin dy, kita janjian mao pake tuh mobil jam berapa, dan udah di sepakatin kita pake mobil jam 09.00.

***
O iya seblomnya, walopun gw baru aja makan bubur di pasar tadi ttep aja nih perut gw laferr. Stelah pulang dari makan bubur gw langsung pesen makanan di etalase makanan penginapan. Disini sistemnya kita ngambil sendiri, dan stelah itu baru di itung harganya. Serius dah ini teh Iin jago masak kayanya makanan'a enak betull, waktu itu gw makan pake nasi banyak, ama berbagai macam sayur2an ama smabel juga cuman abis 6rebu doang sepiring. Haha mungkin di laen waktu kalo ada tmen ato keluarga yang ngjak ke pangandaran bakal gw ajak nginpe di sini dah, udah murah tempatnya juga enak :D
***

Tujuan pertama kita yaitu kantor dinas pendidikan kabupaten Pangadaran, yang mindset kita punya waktu itu kantor dinas kabupaten pangandaran yaa adanya di pangandaran *sotoy. Akhirnya, biasa dengan adanya acara pengaretan akhirya kita jalan jam 09.30 hehe. Kita sampai pangandaran jam 10.30an dan kita akhirnya mendatangi kantor UPTD Kec Pangandaran untuk bertanya Kantor Dinas Kab Pangandaran adanya di sebelah mana. Dan setelah kita bertanya2 dengan orang UPTD kita mendappatkan jawaban yang penuh dengan penyesalan dan skaligus kekesalan yang sangat mendalam. Kenapa? Karena Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran ternyata terletak di belakang Koperasi Tugu Cijulang. Mampusssss tuh nyam nyam, ksini'a aja penuh perjuangan debu2an, panas2an, ajrutan2an di mobil bak terbuka selama 1 jam perjalanan :((.

Waktu itu kita baru inget ternyata kelompok magang itu gak cuman 8 tapi ada 9. Langsungdah waktu itu itu kita hubungin kelompok'a Padaherang yang memang pada sebelumnya mereka ngabarin ke kita mereka nginep di Hotel di Pangandaran (Mao Liburaa Buuuu!?).  Kita hubungin mereka untuk mencari kejelasan kelompok mereka mau bagaimana, ikut kita apa mereka ttep mao cari sendiri tuh tempat tinggal, dan akhirnya mereka ttep mao cari tuh tempat tinggal sendiri. Dan akhirnya  karena emang kita tmen yang baik, proposal yang sebelumnya gw dah bagiin ke tiap kelompok gw ambil lagi tuh buat di taro di dispend pangandaran. Setelah itu kita lanjut balik lagi Cijulang. Disitu gw lagi kesel bgt ama mereka, bayangin aja kita yang ngeteng susah sama2, seneng sama2, cari tempat tinggal sama2, lah mereka seenak jidat nginep di Hotel, naek Mobil Pula dan tinggal duduk manis aja. Satu kata yang bisa gw sampaikan dan bisa gw gambarkan untuk mereka yaitu EGOIS!!!.

*Curcol
Baru disinilah gw tau watak mereka seperti apa, dan kekesalan inipun juga berlanjut pada proses magang. Mereka bisa'a cuman pada ngeluh doang tanpa mereka tau apa yang udah gw kerjakan.

Sejak itu Mind Set gw lagsung Sirna bahwa kantor pemerintahan itu nggak harus adanya di pusat kota tapi bisa dimana aja. Nggak hanya dinas pendidikan kabupaten, tetapi Kantor Pemerintah Daerahnya pun terletak di Parigi. Jadi intinya dengan begini kegiatan pemerintahan kabupaten Pangandaran tidak terpusat pada 1 tempat saja.

Kira2 kita nyampe di Cijulang Jam 11.30an dan untungnya kantor dinas pendidikan itu belum tutup. Setelah kita masuk dan bertanya di resepsionis (kekerenan) ternyata dan ternyata orang yang kita mau ketemuin yaitu kepala dinas dan sekre dinas sdang tidak ada di tempat beliau sedang ke Ciamis. Menurut resepsionis tersebut mereka baru ada besok hari jumat. Okelah dengan hati dengan penuh penyesalan dan kekesalan (lagi) kita bakal balik lagi ksini besok pagi, selanjutnya kita memutuskan untuk istirahat lebih dahulu di penginapan yang jaraknya gak terlalu jauh, o iya sbelum istirahat kita juga janjian lagi sama supirnya jam 13.00 jalan lagi. Di penginepan kita sambil istirahat juga sambil ngerundingin abis ini kita mao kemana lagi. Dan akhirnya kita memutuskan untuk mencari tempat tinggal setiap kelompok yang di mulai dari Cimerak karena yang terdekat dari Cijulang. Mencari tempat tinggal ini kita patokannya adalah lokasi UPTD masing2 kecamatan, supaya dari tempat tinggal ke ketempat magang tidak terlalu jauh. Kalau yang di Cijulang siih enak udah dapet tempat tinggal ya di situ di penginepan koperasi tugu.

Cimerak
Sekitaran jam 13.00an kita lanjut ke Cimerak. Di bawah teriknya Matahari kita tetep semangat untuk menjalani perjalanan yang "mengasyikan" ini. Perjalanan menuju Cimerak ini sebenernya sihh lumayan mencuci mata, karena kita ngelewatin sungai Green Canyon yang hijau, dan perbukitan yang adeem. Sekitar stengah jam-an kita nyampe di kantor kecamatan Cimerak untuk bertanya kantor UPTD pendidikannya, setelah dari kecamatan kita lanjut ke UPTD pendidikanya. Sampai sana untungnya kantor belum tutup, setelah beramah-tamah dan menyampaikan tujuan kita kemari kita  dapet petunjuk dari orang UPTD mengenai tempat tinggal, untuk kelompok Cimerak ini tinggal 1 rumah bersama kepala desa setempat. Setelah dari Cimerak kita lanjut ke Parigi

Parigi
Sekitar jam 14.30an kita menuju Parigi. Perjalanan menuju Parigi ini sangatlah membosankan dan penuh dengan siksaan, karena perjalan kita diiringi oleh terik matahari dengan jalanan yang ancurnya cukup parah dan ditambah debu2 yang berterbangan akibat truk2 yang lewat, lengkaplah sudah penderitaan ini. :((. Kira2 jam 15.30 kita sampai di depan kantor UPTD Parigi, tapii kantornya udah tutup. Mungkin dengan tampang kebingungannya kita, tiba2 seoarang bapak2 nyamperin kita. Setelagh dy nanya2 mao ngapain dan tau kalau kita lagi cari tempat tinggal, si bapak2 manggil seorang perempuan untuk dicariin tempat. Dan akhirnya perempuan itu mengantarkan Bandot ama Bian (Jubir) ke tempat yang ingin ditinggalinnya buat magang dengan berjalan kaki. Kebetulan di depan UPTD itu ada masjid, sambil nunggu mereka cari tempat tinggal yang lainnya pada solat Ashar dulu. Oke dan akhirnya kelompok Parigi sudah dapet tempat tinggal yang katanya mereka akan tinggal 1 rumah sama nenek2 yang baru aja ditinggal meninggal oleh suaminya. Jam waktu itu menunjukkan pukul 16.30 kita ingin melanjutkan mencari tempat tinggal untuk kel Cigugur. Tapi kata akang supir, ke Cigugur itu kalau malam2 rawan, karena jalanannya yang nanjak ke atas gunung dan gelap. Lalu menurut akang supirnya juga kalau ke cigugur bisa langsung ke Sidamulih lewat jalan alternatif makanya dy merekomendasikannya besok aja biar sekalian. Oke, jadi waktu itu kita putuskan untuk kembali ke penginapan dan melanjutkan petualangan mencari tempat tinggal besokkannya setelah dari dinas pendidikan. Sampe di penginapan kira2 pukul 17.30, sambil nuggu adzan maghrib kita istirahat di kamar masing2.

Malemnya stelah solat Isya kita keluar untuk mencari makan diluar. Stelah di cari2 ya sate ayam juga mentok2'a dapetnya. Sate ayam di mari murah banget menurut gw, pake nasi 10 tusuk cuman 10rebu, gede2 juga lagi sate'a. Waktu itu yang beli sate Gw, Rani, Sarah, Wiwi, Listi dan yang laennya pada gak tau dah makan apaan hahah. Yang laen pada beli sate seporsi makan'a berdua, gw doang yang makan seporsi sendiri 10 tusuk hahha. Abis makan, karena emang kalo di itung2 gw udah kagak tidur waktu itu selama 36 Jam, alhasil jam 9 malem gw udh tidur *rekor banget gw udh tidur jam segitu*

Pagi'a gw bangun jam stengah 6, dan lagsungng solat subuh. Dan seperti kmarenannya stelah makan bubur di pasar yaaa makan juga di penginepan hahha. Kira2 jam 08.00an kita telpon akang'a lagi pagi itu untuk janjian jam 09.00 jalan untuk ke dispend pangandaran. Lalu kita lanjut membereskan barang2 buat skalian pulang ke Jakarta. Skiiipppp. Stelah kita sampe di dispend 09.15an terrrrnyata dan ternyata Kepala dinasnya ama sekere'a lagi rapat dengan para kepala bagian. Fine kita tunggu mungkin nggak lamaaa pikir kita. Tik tok tik tok 45 menit telah berlalu jam sudah menunjukkan pukul 10.00 tapi para bapak2 itu belom selesai dengan rapatnya. Kita udah mulai panik karena kita juga ngejar waktu buat nyari tempat tinggal kelompok laen. Yaudah kita minta penjelasan ke resepsionis'a kapan rapatnya selesai, dan akhirnya kita dialihkan ke bagian kepegawaian. Menurut kepegawaian surat2 dan proposal2 ini harus di disposisikan dulu baru bisa di ajukan ke Kepala Dinas.....WHAT!, trus knapa resepsionisnya gak bilang dari kmaren!. Ya udah dengan terpaksa dan dengan Hopeless'a kita menyerahkan surat dan proposal sebanyak 9 kecamatan ke bagian kepegawaian dan dy memberi angin segar kepada kami untuk mengurusi surat2 kami dan di usahakan di serahakan ke kepala dinas. Trus waktu itu juga kita pamit dan menjelaskan juga kalo kita di Pangandaran gak bisa lama2 dan hari itu juga mao pulang ke Jakarta. Agar lebih mudah Komunikasi   dengan mbak2 kepegawaian itu, si Rani minta PIN BB bagian kepagawaian itu untuk di invite, dan waktu itu juga sama si mbak2 kepegawaian itu di accept. Walupun dengan setengah hati meninggalkan tempat itu karena memang belum ada kejelasan surat dan proposal bakal di terima apa kagak nantinya, kita ttep ingin mengejar waktu mencari tempat tinggal.

Waktu itu kita mikir ginii, yang penting kalau sudah hari-H kita dapet tempat tinggal berarti kita sudah aman, karena kalau misalnya pahit2'a urusan surat menyurat kita belom kelar kita sudah ada tempat tinggal di kecamatan masing2. Jadi waktu itu gw bikin Plan A dan Plan B. Plan A'a, kalau hari itu juga kita bisa selesain semua cari tempat tinggal'a sebelum jam 20.00 maka kita pulang malam itu juga ke Jakarta. Dan Plan B'a yaitu kalau kita baru selesai cari tempat tinggal lebih dari jam 20.00 maka kita bakalan nginep satu malam lagi di Pangandaran dan kita bakalan ngemper di Masjid Agung Pangandaran (sedih amad ini).

Dengan membuat Planning seperti itu membbuat kita jadi semangat dan buru2 mencari tempat tinggal dan optimis kita hari itu juga bisa balik ke Jakarta. Dari Dispend Pangandaran lanjut kita menuju Cigugur

Cigugur
Jam 10.15 Perjalanan menuju Cigugur inipun dimulai dgn temani cuaca yang cukup bersahabat hujan kagak, panas kagak, padahal dari malam sampe pagi hujan cukup deras, sampe kita mau berangkatpun gerimis masih rintik2. Mungkin Alloh tau kita lagi melakukan perjalanan demi kebaikan bersama hehe. Jalanan menuju Cigugur ini diawali dengan aspal yang sangat mulus yang di iringi hamparan sawah yang terbentang luas, alhasil disini mobil di pacu cukup kencang. Tidak berselang lama aspal yang tadinya mulus kini jalanan menjadi hancur dan mobilpun menjadi lambat. Untungnya karena perjalanan ke cigugur ini terletak agak berada di atas gunung jadi udaranya cukup sejuk.  Ditengah perjalan menuju Cigugur ini si Rani ngomong yang intinya PIN BB'a di delcont ama mbak2'a. Pikir gw waktu itu ya bodo amadlah yang penting kita udah usaha semampu kita dan emang itu diluar kemampuan kita gak bisa ketemu ama Kepala Dinas Pendidikan Pangandaran, jadi urusan laennya yang belom kelar emang harusnya Jurusan yang tanggung jawab.

Sampai di UPTD kira2 jam 11.00an. Setelah beramah tamah dan menyampaikan tujuan kesitu, kita lagsung ditunjukkan rumah seorang pegawai UPTD yang untuk nantinya akan ditinggali. Stelah membuat kesepakatan akhirnya deal rumah tersebut untuk dijadikan tempat tinggal magang. Selanjutnya perjalanan kita menuju Sidamulih

Sidamulih
Perjalanan dari Cigugur dimulai kira2 jam 11.30an. Waktu itu hari Jumat dan memang jam'a solat jumat, demi mengejar waktu kita agar keburu ke Jakarta hari itu juga, akhirnya yang para cowok nggak solat Jumat. Setau gw kalau emang seorang laki2 sedang melakukan perjalanan (musafir) demi kebaikan bukan buat maksiat, gak apa2 kalau nggak solat jumat dan ganti'a nanti solat dzuhur. Di perjalanan setiap ngelewatin masjid rada malu juga sihhh, cowok bukan'a solat Jumat malah jalan2 nake mobil bak, biarlah Alloh juga tau kok hehe. Lanjutt, kita nyampe di UPTD Sidamulih kira2 jam 13.00an. Waktu itu setelah beramahtamah ama orang UPTD Sarah, Listi, Bian langsung keliling nyari tempat tinggal, karena emang orang UPTD'a gak ngasih rekomendasi tempat tinggal ke kita. Yang laeenya beli makan buat rame2, dan ada juga yang solat termasuk gw. Gw d situ gak tau ceritanya bagemana si Sarah dkk dapet tempat tinggal, tapi intinya nanti dy bakal tinggal 1 rumah sama seorang nenek yang rumahya di ujung kampung dan berbatasan langsung ama kuburan haha. Lalu lanjut kita cari tempat tinggal di Pangandaran

Pangandaran
Di tengah perjalanan yang kiri kanan'a pohon kelapa, kita berhenti sebentar buat makan siang di pinggir jalan dengan nasi bungkus yang tadi sebelumnya udah di beli di sidamulih. Gw disitu ngebayangin kmarenannya kita gaya2an makan KFC di Bekasi dan sekarang cuman makan nasi bungkus dengan lauk sederhana tahu sama tempe orek doang, yaa itulah hidup kadang di atas kadang di bawah, kadang kita makan enak kadang kita makan sederhana aja, disitulah pengalaman yang gak bakal terlupakan hahaha. Di tengah perjalanan setelah makan tadi, gw mikir'a pesimis terus, bahwa kita gak bakal keburu pulang ke Jakarta hari itu, dalam pikiran gw biarkan nanti waktu yang membuktikan haha. Kira2 nyampe pangandaran kita jam 14.30an, disitu kantor masih buka dan langsung ketemu sama pengawas UPTD itu, setelah ngobrol2 bentaran, dy manggil staff UPTD'a yaitu pak Takdir untuk merekomendasikan tempat tinggal, tapi Pak Takdir itu lagsung menawari rumahnya untuk dijadikan tempat tinggal yaaa untunglah hehe. Setelah itu gw langsung di anter Pak Takdir ke rumahnya naek motor yg nggak terlalu jauh dari UPTD. Di sana gw ketemu sama orang tua'a pak Takdir dan menjelaskan maksug kedatangan gw, dan orangtuanya pun mengizinkan gw dan temen2 untuk tinggal disana. Lalu gw diajak muter2 kedalem rumahnya, cukup gede sihh rumahnya, tapi yang membuat hati gw ganjel mereka disitu tinggal udah 6 orang di tambah kelompok gw 6 orang, jadi rumah itu bakalan tererisi 12 orang dengan satu kamar mandi -_- hmm apa yang dapat gw perbuat, nyari tempat tinggal di situ susah kebanyakan hotel, ya sudahlahlah gw dealkan. Abis ntu kita menuju Kalipucang.

Kalipucang
Perjalanan menuju Kalipucang ini adalah perjalanan yang paling nyaman, karena jalanan dari Pangandaran sampai Kalipucang beraspal halus dan juga melewati gunung, jadi perjalanan terasa cepat. Kira2 jam 15.30an kita sampe di UPTD Kalipucang, untungnya waktu itu kantornya belum tutup. Karena waktu itu perut gw terasa laper dan haus jadi gw ke warung buat beli Pop Mie ama Aqua, disini gw gak ikut kedalem kantor, yang masuk cuman si Bandot, Listi, Luky, Bian, Meti. Eh keluar2 dari kantor dan lg menuju ke tempat tinggal ada yang ngambek ngoce2 sendiri haha.....sorry jerr cacing di dalem perut ini minta jatah hehe. Yowes dapet lah tempat tinggal yang nggak jauh dari UPTD, katanya ada kakek nenek yang tinggal di situ, dan nanti lagsung ngungsi ke tempat laen kalau jadi di tinggalin. Lanjutt ke tujuan akhir yaitu MangunJaya.

Mangun Jaya
Haripun sudah mulai beranjak sore pikiran cemas pun mulai datang. Untuk menuju mangun Jaya kita melalui Jalan Raya yang menuju Banjar, jalanan'a cukup hancur dan berdebu, tapi itu nggak berlangsung lama karena dari jalan raya menuju banjar ini kita masuk ke gang kecil yang masuk sedikit ke gang tersebut kita di hamparkan oleh sawah yang sangat luas. Sampai di UPTD sana kita kira2 jam 17.00 dan tentu aja kantor jam segitu udah tutup. Setelah bertanya ama warung fotocopyan yang ada di depan UPTD, dy menunjukkan rumah'a staff UPTD, si Meti ama Bian langsung nyamperin ke rumahnya yang ada di dalem gang, yang laen sihh katanya mao pada cari WC, ada juga yang mao ke Alfa, tapi tas2 mereka pada di tinggal di mobil bak ya jadilah gw ama bandot nugguin tas di mobil. Ya karena emang batre HP gw abiss, si bandot juga abiss jadilah gw pasrah nuggu di mobil bak kaya kambing congee,  sempet terpikirkan ke khawatiran gw karna gak ada satupun dari mereka yang muncul ke mobil bak. Stelah lama nunggu tiba2 si Meti lewatin jalanan depan UPTD naek motor (Cari Tempat Tinggal), dy ngasi tau dan suruh kita ikutin dy ke rumahnya staff UPTD, ternyata yang laen lagi enak2an makan camilan2 di rumah staff UPTD itu, sial gak ada satupun yang nyamper ke mobil ngasi tau gw ama bandot kalo mereka lagi pada di snoh. Bete sebet-bete'a gw waktu nyampe di dpan rumah staff UPTD, gw cuman bilang ayoo buruan ntar ketinggalan bis. Niat awal sih kita bakalan balik lagi ke Pool Budiman yang ada di Pangandaran, tapi untungnya kita di kasih tau oleh orang UPTD itu gak usah balik lagi kepangandaran, tp turun aja di Banjarsari, disitu juga ada Pool Budiman. Ya sudah kita langsung buru2 menuju Banjarsari biar gak ketinggalan bis ke Bekasi.

Lanjutt 17.30 kita berangkat dari rumah staff UPTD mangunjaya. Setelah keluar gang dan kembali ke Jalan Raya Utama Banjar kita ngelewatin kaya terminal kecil gitu, di situ juga ada warung yang tulisan'a agen Budiman. Ya udah mobil bak berenti di pinggir jalan, dan gw turun nanya ke warung tsb untuk memastikan ada bus berenti di situ yang menuju Bekasi. Akhirnya stelah menegtahui bis Budiman yang menuju Bekasi bakalan berenti di situ Jam 19.00, yang laen gw suruh pada turun dari mobil bak dan si Bian lagsung nyelesain pembayaran sewa mobil bak itu. Setelah memastikan gak ada barang yang ketinggalan di mobil bak, langsung kita tunggu di depan warung tadi, sambil istirahat. Kebetulan sampe situ udah adzan maghrib yaudah lanjut aja kita solat maghrib di jamak ama isya. Tapi ternyata jam 18.30 bis udah dateng, langsunglah kita setelah solat maghrib buru2 naek ke atas bis. Waktu itu bangku barisan depan udah penuh, jadi kita rame2 duduk di belakang (paling gak suka gw duduk di belakang, pengeng denger suara mesin) temen sebangku sama ama waktu berangkat.

Setelah gw naro tas, seblum bis berangkat gw tanya ama kondekturnya masih lama apa kagak jalannya, di jawab iya masih, ya udah gw ama bandot langsung beli perbekalan minuman ama makanan ke Alfamart terdekat. Ehhhhh ternyata waktu kita mao balik ke bis, baru juga keluar dari alfa, itu bis jalan pelan2 kaya udh mao berangkat, langsung dah gw ama bandot lari menuju takut ketinggalan. Sial di atas bis ama kondekturnya di bilang "Oh ini yang tadi yaa temenya yang turun" (laahh bang tadikan gw dah tanya katanya masih lama). Biarlah......

Gw mah seperti biasa slalu melek kalau ada di dalem bis, apalagi nih bis yang gw taekin bis gila tambah gak bisa tidur. Lah masa semua mobil kecil, truk, ato bis sekalipun yang menghalangi jalan ini bis, pasti di salip dah sekalipun itu ditikungan,  pokoke nih bis ngacir pisan euuy.

Perbekalan makan yang tadi gw beli di alfa udh abis aje di Banjar, untungnya ini bis mampir ke Terminal dulu jadi ada-lah pedagang tahu yang masuk ke dalem bis dan bisa menambah stok makanan gw hahah. Tapiiiii sampe di Ciamis udah abis lagi itu tahu, dan untungnya lagi itu bis berenti lagi di terminal ada tukang tahu pula yang naek ke bis nambah lagi dah itu perbekalan, mulut gw baru berenti ngunyah pas sampe Tasik hehe. Waktu di Cileunyi jam menunjukkan 00.00, dan tanpa sadar di situlah gw tertidur ZZZZZZZzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz.

 Gw inget kata2 Rani di bis waktu di Tasik, nanti kalo udh di Cibitung bangunin gw yee terr biar siap2. Iyee jawab gw. Ehh ternyata gw ketiduran juga hahha. Pas melek karna emg tuh bis kenceng bgt, tiba2 sekelibat ada tulisan gerbang toll Bekasi Timur, waktu itu gw juga masih stengah sadar "Bekasi Timuurr Bener Gak Sih itu?" dan beberapa detik kemudian gw sadar dan kaget, trus bangunin tuh orang2 "Woy2 udah sampe" (Tau ndiri kan gw orang'a meledak-ledak). Pas turun dari bis udah pada kaya kena serangan jantung pada lemes, pada kaget gw bangunin haha. Gw sendiri juga ngerasain naek itu bis udah kaya naek mesin lorong waktu, nyampe Bekasi Jam stengah 2 malem, jadi pada BusLag dah *JetLag*. Bayagin ajee Jam stengah 2 pagi gitu mao naek apaan ke rumah masing2. Untungnya yee si Rani orang Bekasi dan punya sodara yang rumahnya yang nggak jauh2 amad dari pintu Toll Bekasi Timur ntu. Akhirnya kita nginep sebentar di rumah sodaranya Rani nunggu sampe jam 5, karena emg bis2 baru pada muncul jam 5 pagi. Setelah pada solat subuh dan gw nabung di rumah orang bentaran akhirnya kita bergegas untuk pulang ke rumah masing2. Bian, Wiwi+Pacar, Listi, Sarah, Luky, Meti mereka pulang dengan naek kereta tujuan tangerang. Gw ama Bandot naek bis mayasari P 9 BT yang tujuan'a Pasar Rebo. Setelah naek bis gw ngelanjut naek angkot ke arah Depok, dan akhirnya jam 08.00an gw sampe rumah lagsung dah hibernasi seharian.

Dari cerita gw yang sepanjang ini sihh gw bisa ambil kesimpulan, bahwa memang sekretaris dinas yang pernah di temuin waktu survey pertama ama dosen nggak melakukan tindak lanjut bahwa jurusan kita mau ngadain magang di daerahnya. Ini bisa di buktikan bahwa waktu kita datang ke beberapa UPTD waktu survey bareng tmen2, semuanya tidak tahu menahu bahwa jurusan kita bakal magang di tempat mereka. JADI survey yang dilakukan ama temen2 ini bisa dikatakan survey beneran, nggak kaya waktu survey sama dosen itumah survey maen2an nggak dapet apa2 cuman buang2 duit doang.


Santai Sejenak


Susah Seneng Tetep Senyum










Tidak ada komentar:

Posting Komentar