Senin, 01 Juli 2013

Ujung Genteng

Yak Akhirnya sekian lama pengen nulis tapi karena memang ceritanya bakal panjang jadi males haha...

Introduction
Waktu ntu kalo gak salah lagi ada acara Haul (Ibaratnya Memperingati Hari Kematian) Kakek gw. Nah di sela2 berkumpulnya keluarga besar gw stelah acara ntu, Ncing( Tante) gw yang baru dapet gusuran tanah di pekapuran sono noh *mimpiapeuitu, pengen ngajak jalan2 sekeluarga. Tapi belum ditentuin kemana perginya, nginep ato nggak. Nah sepupu gw nyeletuk Ujung Genteng aja, spontan yang laen juga pada mengiyakan dan pada bergairah pengen kepantei, nah setelah rembug'an jadi hari sabtu minggu tanggal 23-24 juni berangkkattt. Skip Skip Skip...

Hari Pertama
Seperti yang gw bilang pada posting sebelumnya, katanya bakal jalan bener2 Jam 5, tau2nya jalan jam 7 kurang seperapat dari Depok sini --___--, biasalah org indonesah. Lagi pula kan keluarga gw nebeng sama mobilnya Ncing gw ntu yang disopirin sama menantunya yang biasa gw panggil Om Asep jadi nurut aja dah hahah jalan jam berapa pun kami siap menunggu. Hari itu langit sangat2 bersahabat menemani perjalanan kami. Dari depok sampe ujung genteng langitnya berawan terus anugerah banget dah. Oiya perjalan kami dilakukan dengan 3 Mobil (Grand Livina=GL, APV Arena=APV, Sama Avanza=AV yg gw tumpangin). Mobil AV yang Dari Pasar Rebo jemput kerumah gw di Depok dulu, GL dari pasar rebo langsung ke Cigombong lewat tol ciawi, dan APV mobil sodara gw yang tinggal di deket rumah barengan ama mobil yang gw tumpangin. Jadi Rombongan depok jalan 2 mobl

--> Depok-Cigombong
Kalau menurut google maps kita bakal menempuh jarak 195KM dari depok. Rombongan Depok jalan jam 7 kurang seperapat. Pada awal rencana kita ketemuan di Masjid Raya Cigombong dengan lewat tol ciawi. Tapi Ncing gw yang udh duluan jalan tadi yang naek GL, nelpon ternyata di ciawi macet parah gak bergerak. Jadi rombongan Depok memutuskan lewat Batu Tulis--Cjjeruk--Masjid Raya Cigombong. Nah sampe cigombong sekitar jam 8an  kami menunggu rombongan GL tadi yang muter arah dari ciawi ke arah bogor untuk lewat batu tulis sampe jam 9 kita baru jalan lagi dari masjid tersebut.

-->Cigombong-Cikidang-Pelabuhan Ratu
Nahh lanjut, dari mesjid raya cigombong lurus aja menyusuri jalan raya sukabumi. Nah ditengah perjalan tsb kita menemui Maccettttt panjang sampe kagak keliatan ujung'a.Sedikit demi sedikit menyusuri jalan tersebut dengan bete'a karena macet. Di tengah keheningan macet tiba2 ada ambulance dari belakang nyalip melawan arah emang mungkin lagi urgent kali yee, nah gak berfikir lama tuh Om Asep langsung ngebuntutin tuh ambulance lumayan lah hahah walopun itu ngelanggar aturan. Halah gw mao uplod video'a lupa gw taro mana padahal keren lohh.

Lanjut setelah terlepas dari kemacetan tadi mobil yg gw tumpangin tadi menunggu mereka2 yang tertinggal di kemacetan tadi di pertigaan Cikidang. Menunggu lagiiii......

Setelah stengah jem'an nunggu akhirnya ketiga mobil berkumpul lagi, waktunya lanjut ke arah Cikidang. O iya jalur cikidang ini jalur alternatif ke pelabuhan ratu dengan memotong gunung, kalo udah denger memotong gunung yaa udh pasti jalurnya berliku2. Memasuki gang jalur Cikidang merinding gw ngeliatnya, soalnya banyak papan pemberitahuan "Bis Dilarang Masuk Jalur Alternatif Cikidang". Beeuuhhh baca gituan sampe parno duluan gw. Dan emang setelah gw laluin tuh jalur cikidang kalo emang pada sayang duit buat kedufan mending cobain dah nih jalan. Banyak jalan yang tanjakkan tiba2 dibalik tanjakkan itu belokkan, udah gitu jalanannya kecil banget parah dah pokonya itu jalan cuman tapi emang disini aspalnya masih muluss bgt cuman saja ada beberap yang rusak, kalo naek motor kayaknya asik tuh bisa mereng-mereng ala MotoGP tapi kalo hilang konsenstrasi dikit aja bisa terjun bebas dah haha. Tapi gak lama kok jalan begituannya, setelah itu kita bakal disuguhi pertanian kelapa sawit yang indaaaah bgt, kita jalan di tengah pertanian kelapa sawit yang berbukit-bbukit sepanjang mata memandang kelapa sawit semua dan gak lama ada kebun teh juga. Jalur Cikidang ini di ujungi pemandangan laut khas kota pelabuhan ratu. dari pelabuhan ratu kita belok ke kiri sesuai penunjuk arah yaitu ke Ujung Genteng. O iya waktu itu kalo gak salah nyampe pelabuhan ratu jam 12 siang

--> Pelabuhan Ratu-Jampang Tengah-Jampang Kulon
Perjalanan yang sesungguhnya....
Dari pelabbuhan ratu sampe jampang kulon ini jalan bisa dikatakan 70% Rusak berat. Dari sini sampe jampang kulon tetep jalanannya mengelilingi gunung berlika-liku, sampe pada muntah orang2 di mobil laen. Bener2 gila dah pokonya jalan dri sini. Waktu sudah menunjjukan 13.00 waktunya buat solat dzuhur dan makan siang. Ditengah perjalan dan ditangah hutan gunung2 untungnya ada mushollah yang layak bwt kita singgahin, disitu kita langsu pada sholat jamak Takdim/takhir gw lupa haha. Lanjut perjalanan jam 13.30 masih di suguhi jalanan yang berliku dan lobang sanah sinih ckckck mao tidur juga kagak nyaman keguncang-guncang. ya nikmatin sajalah dalam hati gw sambil menghibur diri. Jam 14.15an nyampe di alun2 jampang kulon, berenti sebentar nunggu rombongan mobil lainnya

---> Surade- Ujung Genteng
Memasuki wilayah surade, daerah ini sudah mulai landai mirip kota kecil cianjur gitu deh, nah disini terpampang tulisan Ujung Genteng 15 Km, tapi gak beberapa kami menemukan plang lagi yang menunjukkan Ujung Genteng 25 Km aneh bisa mundur begitu masa

"Mendaki gunug, Lewati Lembah, Sungai Mengalir indah Kesamudra, Bersama Keluarga Bertualang" Ini lagi yang bener2 cocok untuk perjalanan ini. Hahah susahnya perjalanan ini harus melewati gunung2 bukit2 lembah2 dan akhirnya mencium bau laut juga HAHAH
Setelah sembilan setengah jam perjalanan (tentunya ada istirahat) naympe juga di ujung bener2 paling ujung hahah. Sampe sana gw baru tau kanapa di namain Ujung Genteng, karena ya emang bener2 di ujung, kalau dari dalaem mobil liat kanan ada laut, liat kiri ada laut, liat depan ujungnya laut juga mantabslah. Disini yang gw bingung kalo misalnya ada tsunami kita gak bisa kemana2 lagi coy, karna emang kalu mao balik bener2 harus muter arah dari jalan kita pergi, dan bisa saja kalau tsunami daratan ujung genteng bakalan hilang tersapu air laut. Oiya sebelum memasuki wilayah ujung genteng kita mintai retribusi 20rb permobil klo gak salah.

BLUE
Dan bener yee ternyata apa yang dikatakan blog2 ama orang2, aer disini tuh biru ternyata bersih banget. dulu gw sempet mikir aer laut kalo gak keruh gak asin kali yee eh ternyata tetep asin loh #pernyataan yang tolol :)

Sampe Ujung Genteng waktu itu jam 4 sore, Stelah naro barang2 di penginepan langsung dah tuh pada berenang di laut persis banget di depan penginepannya. Cuman aja pantai yang ada di depan penginepan bukan pasir tapi batu-batu kerang/karang jadi wajib pake sendal kalo enggak sakit coy kaki ini terus juga pantai'a curam jadi ngeri kebawa ombak. Di deket pantai yang depan penginepan ternyata ada muara juga jadi gak terlalu dalem. Alhasil maen di situ cuman berendem2an aja sambil duduk di pantai kerikil (bru engeh sampe rumah CD gw pada bolong kena karang2 haha) Karena waktu udah semakin sore ombak udah pada mulain tambah gede jadi gak terlalu lama deh maen di pantai waktu itu.

Malem harinya cuman beberapa orang aja kita ke tempat penangkaran penyu yang ada di pantai Pangumbahan. Di pantai ini kata mas2 guide'a pasti setiap malem ada satu atau dua indukan penyu mampir ke pantai ini buat bertelor. Dari Kantor Konservasi ke TKP penyeu nelor ntu sangat jauh,  (Suka2 penyunya mao nelor dimana), udah gitu gak boleh nyalain lampu penerangan sekalipun itu cahaya Handphone, malahan cuaca gerimis jadi hanya mengandalkan cahaya langit yang masih manampilkan cahaya redupnya. Pada waktu itu yang mampir cuman satu penyu aja, jadinya berebutan dah kita sesama pengunjung lainnya untuk menyaksikan penyu nelor itu kayaapa.

Hari Kedua
Nah di hari kedua keluarga kami mao cari pantai yang landai dengan pasir yang halus, karena letak pantai lumayan agak jauh, tentunya dengan mobil lahh. Kita kenpantei tu pake hanya dua mobil bayangin yang seharusnya di angkut pake 3 ini cuman 2 mobil, yaa jadinya bangku belakang di lipet+gelayutan di pintu belakang, dan orang yang duduk dibangku baris kedua pada pangku2an hahah.

Setelah melewati jalan ajrut2an dan beberapa bibir pantai akhirnya nemu juga pantia yang pasirnya bersihhhhhhhh haluuuuuussss banget, ombaknya juga seru. Sampe2 bnyk pasir masuk kedalem semua rongga2 yang ada di dalem celana (kantong).

Jam stengah 12an kita lanjut pulang tapi sebelumnya ke curug cikaso dulu, kira2 15KM dari ujung genteng yang terletak di Surade. Sebelum memasuki wilayah curug mobil di kenai restribusi sebesar Kurang lebih 10ribuu. Untuk menuju Curug ada 2 pilihan yaitu Jalan kaki dan naik perahu. Keluarga kami memilih naik perahum dan menyewa 2 perahu masing2 perahu dikenai tarif sewa sebesar 60ribu. Disini kami kira naik perahunya lama, tapi hanya memutari sawah sudah sampe *sial dalem hati. Sampai di bibir dermaga halah, kita harus berjalan lagi kira2 sejauh 200m. Sesampai di aer terjun kesan pertama adddddeeeemm bener, karena air terjun ini terbagi menjadi 3 aliran utama yang cukup tinggi, jadi di sekitar aer terjun ini bakaln basah kena cipratan2 halus dari aer terjun. Tapii sayangnya waktu itu musim hujan jadi aernya agak keruh. Kalau liat di blog2 orang aer disini kalau musim kemarau jernih banget. yaa tapi nikmatin sajalah

Tepat Pukul 15.00 Rombongan lanjut pulang menuju Jakarta, setelah menempuh perjalanan dan beristirahat dibeberapa tempat Akhirnya kita sampe Depok Jam 00.30, dan mengingat esok harinya harus kuliah SPSS yang terakhir, abis dolat dan mandi langsung dah gw meneparkan diri secepatnya ke kasur biar besoknya gak terlalu capek