Minggu, 06 Oktober 2013

Cagar Alam Pangandaran

Oke setelah kmren gw ceritain ke citumang, sekarang gw bakal critain yang ke cagar alam. Yang ngikut ke cagar alam yaitu seluruh personil kelompok pangandaran yaitu Gw, Rifqi, Mira, Santika, Atiqah, Yosy dan tigaperempat personil dari kelompok kalipucang Dijee, Rani, Tarjo, Ima, Fenty (emangdah kelompok pangandaran paling solid, kemana2 selalu rame2).

Alkisah diawali dari acara pengaretan yang janjian'a jam stengah dua siang udah pada nyampe pangandaran, eehhhhh tau2'a pada baru nyampe jam 3 sore yowesslah udah lumrah dikalangan kita dengan yang namanya pengareta :p. Sebelumnya karena dari mess gw ke cagar alam jaraknya cukup jauhh yaa sekitar 3.5Kkm (kan gak lucu belom jalan2 di cagar alam udh capek duluan) jadi gw ama rifqi ke terminal buat nyewa angkot, harga yang di tawarin pertama sama akang2 angkotnya 80 rebuu, tapi akhirnya bisa gw tawar jadi 50rebu/angkot buat 11 orang. Skiiip skiip

Kita berangkat dari mess gw kira2 jam 15.15 an. Sampe disana kita udah di sambut oleh para rusa apa kijang yee au dah itu namanya haha

Kita masuk ke cagar alam lewat pantai timur, sampai diloket kita harus bayar retribusi yang seharusnya 77rebu buat 11 orang, tapi bisa di tawar jadi 50rebu buat 11 orang. Di loket juga di tawarkan jasa pemandu untuk tarifnya 10rebu perorang, jadi daripada kita luntang-lantung ditemani lutung di dalem cagar alam jadi kita pakai jasa pemandu itu. dan seperti biasa poto lagi di depan loket

O iya sebelom kita masuk ke areal cagar alam ini, pemandu memberi informasi ke kita kalau misalnya di dalem itu banyak monyet jadi pemandu mengisntruksikan kita kalau misalnya ada monyet tangan kita gak boleh ngegenggem soalnya monyet ngiranya kita sedang ngegenggem makanan, terus juga kalo ada monyet gak boleh masukin tangan ke saku celana sama juga seperti tadi merek ngiranya kita lagi ngantongin makanan. Abis ngasi informasi begituana lanjutdah kita jalan masuk ke cagar alam

Kali ini gw kebanyakan jadi photographer, jadi gak terlalu banyak foto yang ada gw'a dah hahah...

Gak jauh dari loket pembayaran tadi, ada peta wisata cagar alam pangandaran ini yang menurut gw gak informatif karena ya bisa diliat sendiri aja ada legenda'a tapi di dalem peta kagak ada symbolnya -_-"

Terus di samping kiri'a terdapat peraturan-peraturan selama kita ada di cagar alam ini, jadi peraturan ini kayanya di buat untuk keasrian cagar alam itu sendiri bukan untuk kemitosan yang ada di sono heheh

Di deket peraturan2 itu juga ada papan penunjuk jalan yang mengarahkan kita untuk berkunjung ke goa-goa dan pantai yang ada di cagar alam ini

Pertama kita menuju goa panggung dulu, nah di tengah perjalanan ke goa panggung ini banyak pohon-pohon yang tumbang yang katanya sisa tsunami pada tahun 2006 lalu, menurutnya karena cagar alam ini berbentuk bukit2, banyak pohon2 besar dan Goa maka cagar alam ini sebagai tameng utama untuk masayarakat yanga ada di sekitar cagar alam ini dari bencana tsunami itu, kalau saja cagar alam ini tidak ada rumah-rumah/penginapan yang ada di sekitar cagar alam mungkin saja tersapu tsunami.

Sesampainya kita di Goa Panggung kita langsung naik ketas, nah disini kenapa di sebut goa panggung yaaa karena Goa'a mirip kaya panggung harus naek ke atasa dulu hahaha

Goa panggung ini juga ada cerita mistik'a loh yang berhubungan ama Nyi Roro Kidul, untuk lebih jelasnya baca sendiri ajeee yeee

Lanjuuut dari Goa panggung ini kita lanjut ke Goa Parat, di sini Goa'a bener2 kagak ada cahaya samasekali, yaa untungnya tadi jasa pemandu udah sepaket ama 5 senter haha...
Hormat Bosss
Hormat BOSS

Nunduk WOYY

Di dalem Goa ini banyak batu batu Staglatit dan Stalagmit yang bentuknya aneh2 loohh, dari paha ayam, punuk unta, sampe (Maap) alat vital manusia pria dan prempuan haha
Paha Ayam I Like It
Ini "katanya" Mirip punyanya cewek (Emg bentuknyan kaya gini apa?belom pernah liat sih wkwk)

Nahh Kalo ini emg mirip nih hahah

Menurut Mitos kalo cowok belom punya pasangan megang yang bentuknya cewek, begitu juga sebaliknya kalo cewek ya megang yang bentuk cowok, tapi kalo udh punya pasangan pengen langgeng pegang 2-2'a hahha ada2 aja jodoh mah yang ngatur Alloh bukan beginian hahah....

Abis dari Goa parat ini ada Goa miring, knapa di sebut goa miring karena untuk keluar dari Goa ini harus jalan miring, ya karena emang bentuk jalan goa'a miring. O iya di dalem goa miring ini ada bentuk stalagtit penampakan loohhhh
POCOOONGGGGG!!!!!

Sokk Atuhh Mereng-mereng

Keluar dari Goa ini kita lanjut ke tujuan akhir kita yaitu air cirengganis, tapi di tengah perjalan menuju kesana kita melewati pantai pasir putih dan disana ada seseorang yang menawari untuk naik perahu muter-muter ke belakang cagar alam melalui air. Setelah nego nego yang cukup oleh yang dilakukan oleh para wanita, karen satu perahu hanya berkapasitas 6 orang maka kita menyewa 2 perahu dan dapetlah dengan harga sebesar 220rebu untuk 2 perahu mantap dahh. Sebelum naik perahu kita lanjut ke tujuan terakhir yaitu air cirengganis.

Ditengah perjalanan sempet ketemu sekawanan rusa dan monyet liar yang sedang mencari makan
Gak jauuh beda ama foto yang di atasnya :p

Sampe di cirengganis, pemandu menceritakan mitosnya kalau cuci muka di situ sebanyak 3 kali bakal awet muda loohhh hahah, percaya gak yaaa.......
Enengnya oco lagi cuci muka haha
Yg ijo-ijo gak enak bgt itu

Abiss dari situu lagsung balik lagi ke tempat tadi menuju pasir putih bbuat naik perahu, sebelum naik perahu kita membereskan dulu pembayaran pemandu sebesar 110rebu, dan skalian minta tolong ke do'i buat fotoin kita di pasir putih. Tapi sayangnya pasir putihnya kotor sama bekas dedaunan,

Abisss foto lanjutt kita naek perahuuu. Perahu yang satu ada Gw, Fenty, Ima, Mira, Atikah,. Perahu Sebelah ada Dijee, Santika, Rifqi, Rani, Yosy, Tarjo. Perahu yang berangkat duluan perahu gw. Gw di perahu duduk di paling depan, karena perahunya ngelawan ombak jadilah tuh perhau lompat-lomptan dan yang paling berasa di gw yang paling depan udh gitu gw doang yang gak pake pelampung haha. Sumpah ini lebih serem dari Kora-kora'a dufan yee, gw mendingan naek Kora-kora dufan 10 kali daripada naek giniandah.
Wow sizuka!

Sekitar stengah 45 menitan kita di atas perhau muter2 cagar alam  dan tambak akhirnya kita menepi untuk mengakhiiri perjalanan kita ini *tsaahh
Sesampianya di pinggir pantai si boss(rifqi) minta di poto ala-ala taitenic hahhaa

Ekspresinya Kocak-kocak hahah
Sebelom meninggalkan cagar alam ini menuju mess kita di pangandaran sebelah terminal sonoh ada yang pengen poto ama rusah
Rusa White Coffee haha

Akhir dari semua di awali dari skranga hahha, kita harus jalan menuju mess yang ada di deket terminal yang berjarak 3.5Km broossist, kita mulain jalan dari cagar alam jam 5 soree ehhh sampe mess jam stngah 7 maghrib hahah suatu pengorbanan banget itu dijalan, ya walopun jalan sejauh itu karena kita rame2 sambil ngobrol ya gak berasa lama ya cuman sampe mess kaki gempor. Di tengah jalan juga sempet moto gaya2an di depan hotel hahha
Ngerii kalii tuh plang
Udah se teler-telernya

O iyaa kira2 tinggal 1,5Km menuju mess, ada yang udh gak tahan sama perjalan yang jauh ini hahha si Dijee nohh, katanya sih lagi dapet perutnya sakit, yaa alhasil dy naek becak dehh berdua ama Rani pulangnya *curaang. Perjalanan kita sekarang ini kayaknya gak nyampe 50 rebu dah, untuk itu marii itung-itunga hahah:
-Sewa anggot 50rebuu/Angkot= 50000/11: Rp 5.000
-Tiket Masuk 50rebuu/11orang: Rp5000
-Pemandu: Rp 10.000/orang
-Perahu: Rp 20.000/orang
Jadi total pengeluaran pribadi yaa cuman Rp 40.000 di luar makan minum hehee

*MY FAVE PHOTO*

Tanpa di Edit looh

Gw di pangandaran sebeneranya cuman pergi Ke Citumang ama Cagar Alam doang sih, sbner'a pengen ke tempat laen kaya Batu Karas, Green Canyon tapi apa daya tak sampai *jailehh. Mungkin di lain kesempatan InsyaAlloh bisa ksono lagi dan bisa menjamah semua tempat wisata yang ada di Pangandaran :)))